Etika Meminta Bantuan Kepada Orang Lain

Etika Meminta Bantuan
Etika Meminta Bantuan
Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk sosial yang butuh adanya orang lain, kita hidup dibumi ini saling membutuhkan satu sama lainnya. pastinya kita juga pernah membantu atau meminta bantuan kepada orang lain, maka berikut ini 5 Etika Meminta Bantuan Kepada Orang Lain :

a. Meminta Bantuan untuk Hal-Hal Penting / Darurat
Meminta bantuan ketika ada sesuatu yang sangat mendesak. Misalnya, Anda ingin meminjam uang dari teman kantor Anda. Pinjam hanya ketika Anda benar-benar terdesak, seperti ketika orang tua Anda sakit atau anak Anda harus membayar biaya sekolah, tetapi pada saat yang sama tabungan Anda benar-benar habis. Jangan biarkan Anda meminjam uang teman Anda hanya untuk sesuatu yang kurang penting, seperti membeli pakaian baru karena Anda bosan dengan pakaian lama Anda.

b. Jangan Pinjam Alat yang Sering Digunakan
Jika Anda membutuhkan barang yang akan Anda gunakan secara teratur, Anda lebih baik membelinya sendiri daripada meminjam dari orang lain. Misalnya, Anda memerlukan gunting kuku, bahkan jika teman kos Anda memilikinya, sebaiknya Anda membeli gunting kuku sendiri daripada meminjamnya setiap minggu.

c. Jangan Sering Meminta Bantuan untuk Hal-Hal Sepele
Terkadang kita malas melakukan sesuatu yang sebenarnya mudah dilakukan. Sebagai jalan keluar, terkadang kita menggunakan kebaikan orang lain untuk membantu kita. Misalnya, meski hanya dua langkah maju, kita sering malas membawa televisi jarak jauh ke meja. Lalu apa yang kita lakukan adalah memanggil asisten rumah tangga kita (ART) untuk datang untuk mendapatkan remote walaupun kita sebenarnya lebih dekat daripada remote. Tindakan ini tentu saja tidak etis, selain karena itu adalah kebutuhan kita, itu juga sangat sepele untuk dilakukan.

d. Perhatikan Bahasa Tubuh Penolong
Jika Anda jeli mengamati pergerakan tubuh seseorang, sering kali beberapa orang yang diminta bantuan merespons permintaan tidak secara spontan (ada jeda yang tenang sekitar 2-3 detik). Tanggapan non-spontan menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berpikir, mungkin dia sedang sibuk berbagi waktu luangnya atau juga mencari alasan yang tepat dengan jawaban yang elegan yang tidak dapat ia bantu karena sesuatu. Jika ini terjadi pada Anda, lebih baik jika Anda tidak melangkah lebih jauh untuk memaksa diri Anda untuk meminta bantuan. Jawaban spontan adalah jawaban yang datang dari alam bawah sadar. Jawaban ini merupakan indikator dari ketulusan orang dalam membantu.

e. Jangan Meminta Secara Paksa
Paksa meminta bantuan itu tidak baik, bahkan jika Anda benar-benar membutuhkan bantuan. Orang yang terpaksa Anda bantu akan melihat Anda sebagai orang yang tidak menyenangkan dan hobi menyusahkan orang lain.

Post a Comment

0 Comments