Jangan Sombong Karena Diatas Langit Masih Ada Langit

Ketika Anda mendengar saran untuk tidak menjadi sombong, sebenarnya semua itu bukan sembarang saran. Sombong adalah sifat tidak terhormat yang tidak seharusnya kita miliki. Karena, menjadi sombong tidak akan membantu kita sama sekali.
Jangan Sombong Karena Diatas Langit Masih Ada Langit
Jangan Sombong

Nasihat "jangan sombong" ini sebenarnya memiliki makna yang dalam dan mengandung pesan yang kuat. Lima di antaranya ada di poin-poin berikut ini :


1. Bahwa kita di dunia ini membutuhkan orang lain, jadi jangan sombong
Kehidupan di dunia ini tidak sendirian, yaitu, kita masih membutuhkan bantuan dari orang lain. Mulai dari makan, kita tidak akan bisa makan nasi tanpa kehadiran petani dan pedagang yang menjual beras, untuk mengkonsumsi ikan, kita juga tidak akan bisa melakukannya tanpa nelayan dan pedagang yang menjual ikan. Bahkan untuk hal-hal yang terasa sepele seperti itu saja kita membutuhkan orang lain, maka kita tidak boleh sombong.

2. Dunia ini bukan hanya kita yang dapat mencapai banyak prestasi, tidak perlu selalu berbicara tentang diri kita sendiri!
Selalu berbicara tentang diri Anda seolah-olah Anda adalah yang terbaik, juga termasuk dalam kategori sombong. Apalagi jika Anda sudah mulai membesar-besarkan sebuah cerita-cerita yang anda karang. Ya ampun, tidak ada teman yang akan berdiri dekat dengan Anda untuk waktu yang lama kalau anda seperti itu.

3. Menyombongkan diri sendiri dan memandang rendah orang lain.
Jangan sombong juga mengandung pesan untuk tidak merendahkan orang lain. Karena, orang yang sombong dan merendahkan orang lain itu erat hubungannya. Ketika Anda mulai menjadi sombong, apa pun yang dilakukan orang lain terasa tidak berarti di mata Anda. Padahal, bisa jadi orang tersebut sebenarnya lebih baik dari Anda dalam beberapa hal lainnya.

4. Jangan sombong, tidak ada yang mau berteman dengan Anda nanti.
Memiliki sikap sombong tampaknya memancarkan energi negatif kepada orang lain. Siapa pun akan malas jika Anda harus berteman dengan orang-orang yang suka membicarakan diri sendiri terlalu tinggi, tidak mau menghormati orang lain, merasakan yang paling hebat, dan sebagainya. Jadi, jika Anda ingin orang-orang bahagia di sekitar Anda, jangan sombong!

5. Kesombongan hanya berisi bencana yang akan menimpa kita
Semua kualitas baik akan kembali kepada Anda dalam bentuk kebaikan, begitu juga sebaliknya dengan kualitas sifat buruk. Kesombongan adalah salah satunya. Meskipun efeknya mungkin tidak langsung terasa, suatu hari Anda akan merasakan efek buruknya, Anda tahu. Anda tidak ingin itu terjadi?

Sebagai manusia yang masih membutuhkan orang lain, dan memiliki banyak kekurangan, kita tidak boleh sombong. Kesombongan Ftidak hanya akan berdampak pada saat ini tetapi juga dapat menyerang Anda di masa depan. Jadi, jangan abaikan nasehat "jangan sombong" ya, karena maknanya sangat dalam.

Post a Comment

0 Comments