Tips Agar Puasa Tidak Bau Mulut


Ada beragam trik untuk menjaga napas mulut tetap segar seperti mengunyah permen karet, makan permen min atau mengunyah herbal. Namun, semua trik itu tentu tidak dapat dilakukan pada saat kita berpuasa.

Berhubung durasi waktu berpuasa cukup panjang, sulit untuk menghindari kemungkinan napas mulai tidak segar saat menjalani ibadah yang satu ini.

Dilansir oleh 19twentythree, ternyata ada banyak trik untuk membuat napas tetap segar saat orang menjalankan puasa.

1. Makan makanan sehat seperti buah dan sayur saat sahur

Sepuluh Trik Hindari Bau Mulut Saat Berpuasa
Foto: Picjumbo
Menyantap sayur dan buah adalah pembersih gigi alami yang bekerja membersihkan plak dan sisa makanan. Selain itu, sayur dan buah memiliki properti antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
2. Mengonsumsi karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat memang direkomendasikan, tetapi jenisnya harus yang mengandung karbohidrat lengkap dan bagus. Jika kurang karbohidrat, tubuh akan mengeluarkan ketones yang baunya tidak sedap dan ini akan membuat napas berbau amis. Makanlah pisang saat sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga tubuh menghasilkan ketones. Selain itu, makan pisang juga tidak akan mengganggu usaha orang untuk menurunkan berat badan.

3. Sikat gigi dengan soda kue

Campur seperempat gelas soda kue dengan dua sendok makan perasan lemon dan dua sendok teh garam. Campuran ini akan membantu mengurangi kadar asam dalam mulut dan mengurangi bakteri dalam mulut.




4. Kumur-kumur dengan air cengkeh

Tambahkan empat cengkeh dalam dua gelas air panas dan biarkan selama setengah jam agar sari cengkeh berbaur dalam air. Gunakan air ini sebagai air kumur-kumur dua kali sehari selama 60 detik pada saat sedang berpuasa. Ini akan membunuh bakteri yang ada dalam mulut.



5. Hindari bawang putih atau bombai saat sahur


Serajin apapun gigi disikat di pagi harinya, bau bawang putih akan tetap ada dalam aliran darah dan itu juga masuk ke paru-paru. Karena berpuasa, trik biasa untuk menghilangkan bau bawang putih ini tidak bisa dilakukan, sebaiknya hindari menyantap bawang putih pada saat saut. Jika memang terpaksa, langsunglah menguyah lemon dan garam sebelum tidur.

6. Hindari kopi dan keju.

Kedua jenis makanan dan minuman ini cenderung menyebabkan napas tidak enak. Jadi, hindari konsumsi ini saat sahur. Jika memang ingin, makan di awal. Jangan pada saat sahur.






7. Minum air banyak pada saat sahur

Sepuluh Trik Hindari Bau Mulut Saat Berpuasa
Kurang air dalam tubuh merupakan alasan utama dari napas tidak sedap. Jadi, pastikan asupan air yang cukup untuk tubuh setelah berbuka puasa. Setelah itu, minumlah air setiap setengah jam sekali mulai dari jam 7 malam hingga jam 3 pagi. Atau setidaknya tubuh mengonsumsi tiga liter air.



8. Gunakan obat kumur atau siwak saat berpuasa



Gunakan obat kumur atau siwak pada saat berpuasa. Pastikan saja, air kumur di dalam mulut hanya untuk menjaga napas tetap segar dan air kumur-kumur segera dibuang. Hal yang sama seperti menggunakan air cengkeh sebagai obat kumur.


9. Sikat gigi


Dengan menyikat gigi dan juga menggunakan floss tidak hanya di akhir sahur tetapi juga setelah berbuka puasa, sedikitnya dua kali sehari, ini akan membantu menghilangkan napas tidak sedap. Saat membersihkan bersihkan juga lidah dengan sikat gigi.

Post a Comment

0 Comments