Berbuat Baik Harus Dilakukan Diam-diam, Inilah Alasannya

Berbuat baik adalah sesuatu yang harus kita lakukan tanpa lelah. Berbuat baik membuat hidup Anda lebih berarti bagi diri sendiri dan orang lain yang menerima manfaatnya. Nah, berbuat baik tidak selalu harus dilakukan secara terbuka kok, Anda bisa berbuat baik secara rahasia.
5 Alasan Mengapa Berbuat Baik Harus Dilakukan Diam-diam
Berbuat Baik Harus Dilakukan Diam-diam
Artinya, Anda berusaha agar kebaikan yang Anda lakukan tidak diketahui orang lain, biarkan hanya Anda dan Tuhan yang tahu perbuatan mulia yang Anda lakukan. Lalu, mengapa Anda juga harus berbuat baik secara diam-diam?
Tentu ada alasannya, mari kita simak ulasannya di bawah ini :

1. Membantu Anda untuk merasa lebih tulus, tanpa mengharapkan imbalan apa pun

Berbuat baik, tentu saja, harus didasarkan pada hati yang tulus dan tulus. Tapi, ketika kita berbuat baik tidak jarang di hati kita, kita belum merasakan yang tulus tulus.

Penyebabnya bisa beragam, misalnya karena disuruh, melakukannya karena gengsi, atau mungkin bahkan ada yang merasa dirugikan ketika berbuat baik. Hmm, meskipun tujuan melakukan kebaikan adalah untuk meringankan beban atau penderitaan orang lain, memberikan kebahagiaan dan efek positif. Bukankah begitu?

Jadi, agar Anda dapat melatih diri untuk lebih tulus setiap kali Anda berbuat baik, maka salah satu cara yang benar adalah dengan melakukan yang baik secara rahasia. Karena itu berarti, Anda sudah tahu bahwa kebaikan Anda semata-mata dimaksudkan untuk memberi manfaat kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa pun dari mereka.

2. Menghindari kesombongan dan haus akan pujian

Salah satu 'penyakit' hati ketika melakukan kebaikan yang perlu diwaspadai adalah kesombongan yang muncul bahwa ia lebih baik daripada yang lain. Pada akhirnya, Anda hanya ingin pujian dari orang lain atas apa yang telah Anda lakukan.

Karena itu, lebih baik jika Anda melakukan kebaikan secara diam-diam, sehingga Anda tidak akan merasa sombong dan haus akan pujian. Bagaimanapun, hanya Anda dan Tuhan yang tahu hal baik apa yang telah Anda lakukan.

Bagaimanapun, kebaikan yang semata-mata didasarkan pada mendapatkan pujian dari orang lain hanya akan menyakiti diri sendiri. Karena, orang lain juga belum tentu menilai apa yang Anda lakukan dengan baik lho. Jadi, jika itu masalahnya, hanya perasaan negatif yang mengelilingi Anda karena kekecewaan bahwa kebaikan Anda tidak dipuji oleh orang lain.

3. Jauhkan Anda dari orang-orang yang iri dan iri dengan kebaikan yang Anda lakukan

Ingat, perbuatan baik yang Anda tidak selalu dianggap baik oleh semua orang. Mungkin ada orang yang tidak suka kebaikanmu. Oleh orang-orang yang cemburu dan cemburu pada Anda, Anda mungkin dipanggil pamer, sombong atau apa pun yang bermulut buruk.

Sekarang, jika seperti itu, cukup banyak orang yang terganggu dan pada akhirnya mungkin berhenti berbuat baik lagi. Jadi, dengan melakukan yang baik secara rahasia, Anda tidak perlu khawatir tentang penilaian orang lain dan dapat menghindari mereka yang iri dan iri, selama Anda melakukannya dengan tulus.

4. Membantu Anda melupakan hal baik yang Anda lakukan kepada orang lain

Melakukan hal yang baik mungkin tidak sesulit yang Anda pikirkan, jika Anda selalu terbiasa melakukan hal yang baik. Hal yang paling sulit adalah melupakan kebaikan itu sendiri. Mengapa lupa Lupa disini berarti Anda tidak lagi mengingat hal-hal baik yang Anda lakukan.

Karena jika Anda terus mengingat dan mengemukakan kebaikan yang telah Anda lakukan, maka mungkin Anda tidak benar-benar tulus. Di sini kita, sebagai manusia, benar-benar diuji atas perbuatan baik yang telah kita lakukan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda berbuat baik juga harus dilakukan secara diam-diam.

5. Tidak ada yang sia-sia, termasuk kebaikan yang dilakukan secara diam-diam

Melakukan diam-diam atau diketahui orang lain masih bermanfaat bagi mereka yang menerimanya. Apa yang menentukan hati Anda sendiri, apakah Anda tulus dan tulus untuk melakukannya.

Jadi, meskipun tidak ada orang lain yang tahu bahwa Anda melakukan kebaikan itu, toh kebaikan Anda tetap bermanfaat bagi orang lain, bukan? Jadi, sebenarnya tidak ada kebaikan sia-sia!

Akhirnya, benar-benar melakukan kebaikan dengan diam-diam atau diketahui orang lain memiliki 'kekuatan' dan 'kelemahan' mereka, ya. Tapi, kebaikan masih bagus yang harus kita lakukan. Ya, setidaknya sekarang Anda sudah tahu alasan mengapa berbuat baik juga harus dilakukan secara diam-diam. Semoga ini bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments