Tokoh NU Difitnah Bukanlah Hal Baru, Imam Syafii Juga

Ulama difitnah bukan hal baru, bukan hanya dialami tokoh NU, dulu imam Syafii ketika sampai di Yaman, padahal usianya baru 29 tahun dianggap mengancam status quo.

Tokoh NU Difitnah Bukanlah Hal Baru, Imam Syafii Juga
Syafii muda di fitnah,

 يعمل بلسانه ما لا يقدر المقاتل عليه بسيفه.

"Ada seorang laki-laki (pemuda) bernama syafii yang lidahnya lebih tajam dan berbahaya melebihi bahaya yang ditimbulkan sebilah pedang."

Tak tanggung-tanggung aduan itu langsung kepada Penguasa Imperium Islam (saya tidak menyebutnya khilafah) Harun al-Rasyid. Karena yang menyurati mengatasnamakan Alawiyin keturunan Imam Ali, disertai ancaman

"kalau Syafii tidak dideportasi dari Yaman maka kekuasaan Al-Rasyid akan dilucuti dari Hijaz; Mekah Madinah Yaman".

Akhirnya imam Syafii yang sedang berguru kepada Muthrif bin Mazin al-Shan'ani harus legowo pindah ke Bagdad, dan disanalah lahir qaul qadim, ijtihad pertama sebelum beliau menetap di Mesir.

Guru besar Nahwu, gramatika Arab, Abu Ali AlFarisi, juga diusir gara-gara hasud atau kecemburuan, al-Subki dibelenggu rantai dan harus berjalan dari Bagdad hingga Mesir karena fitnah.

وكل ذي نعمة محسود 

Setiap pemilik kenikmatan pasti ada yang iri. Dan satu-satunya penyakit yang tak mengenal status sosial, kaya miskin, alim awam, tua muda adalah penyakit hasud.

Dibanding sekarang, rasa-rasanya masih berat ujian fitnah ulama dahulu.

Post a Comment

0 Comments